Posted in opini

Menulis itu di awalnya

Buku tentang menulis aku baca kembali. Aku mengulangi lagi apa saja yang tidak bisa aku lakukan dengan baik kali ini. Aku hanya memiliki serpihan-serpihan cerita yang sudah berserak sana sini dan bahkan terlupakan karena aku tidak mau mengingatnya. Aku mengingat lagi bagaimana cara merangkai tema atau bahan cerita yang perlu aku ceritakan. Aku kembali belajar kembali persis ketika aku mau menulis.

Topik yang terlalu luas itu perlu disempitkan lagi dan lagi sampai akhirnya aku ketemu dengan bahan cerita yang benar-benar mau aku angkat dalam cerita. Selanjutnya, aku masih berkewajiban membangun sub-sub topik. Aku perlu memikirkan “tone,” diksi dan lainnya pada tulisan yang aku rangkai. Aku masih jauh dari sana.

FB_IMG_1499506639096

Author:

Pembelajar hidup yang tak boleh berhenti, apapun jadinya. Perjalanan ini masih sangat dan tak akan pernah mencapai tujuan yang ditetapkan kalau hanya ditempuh dengan keluh kesah dan putus harapan.

One thought on “Menulis itu di awalnya

Comments are closed.