Posted in Uncategorized

It is a matter of confidence

Banyak sekali orang yang cerdas. Bahkan sebenarnya aku percaya, tidak ada orang bodoh. Sudah ketetapan Allah manusia diciptakan sebagai kholifah di dunia ini. Malaikat dan syetan saja heran mengapa harus ada manusia. Apa mereka yang sudah menghamba belum cukup? Itulah rencana Allah. 

Dalam dunia pendidikan dan juga dunia lainnya, manusia mengalami banyak masalah, kalau bukan kita anggap cerita, yang membalikkan hatinya sehingga tidak pernah merasa cukup dengan af’idah yang dipunyai sebagai bekal hidupnya. Inilah fakta yang ada. Allah juga menjelaskan apa yang terjadi ini dengan diungkapkan bahwa “qolilan ma tasykurun.” Sudah diberikan sarana berpikir tetapi tidak mau memanfaatkannya. 

Banyak orang tidak yakin bahwa Allah memberi kemudahan dalam segala hal. Tidak percaya diri dalam banyak tindakannya. Tidak yakin berhasil di sekolah, di tempat kerja dan lainnya. Semua masalah dihadapi dengan penuh ragu. Akhirnya jelas. Tidak ada satu pun persoalannya hidupnya yang membawa rasa bahagia. Semua jalan hidup seakan buntu dan hampa.

Inilah masalah yang dihadapi banyak orang. Aku mencatat hal ini sebagai satu ibroh yang harus dipetik agar ada proses penyadaran dan usaha keras untuk mencerahkan diri. Balik menyadari kembali hakekat pribadi sebagai manusia sempurna itu perlu sekali.

Semua usaha manusia harus dimulai lagi dengan mengenali potensi diri dan kemudian meyakini bahwa Allah akan mmbantu dalam hidupnya. Hati ditata. Percaya diri dikuatkan. God bless you.

Author:

Biarkan langkah bergerak sejalan waktu mengiring.